Segera Berakhir, Proses  Coklit di Belitung Timur Sudah Mencapai 98,2 Persen

- Senin, 13 Maret 2023 | 20:44 WIB
Kantor KPU Kabupaten Belitung Timur (herman)
Kantor KPU Kabupaten Belitung Timur (herman)

BANGKA BELITUNG, wowbelitung.com -- Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kabupaten Belitung Timur masih melakukan proses pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap masyarakat.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belitung Timur Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Rizky Rinaldi mengungkapkan persentase coklit untuk tingkat kabupaten sudah mencapai 98,2 persen.

Dari tujuh kecamatan di Kabupaten Belitung Timur, kata Rizky, dua diantaranya belum 100 persen rampung. Yakni Dendang baru mencapai 88,6 persen dan Damar 99,1 persen.

"Jadi kami ada update secara aplikasi, petugas kami PPK di kecamatan, PPS di desa dan Pantarlih di lapangan, terus mengupdate data hasil coklit progres mereka," terang Rizky, Senin 13 Maret 2023.

Baca Juga: Burhanudin Sebut Operasi Pasar Murah Bukti Hadirnya Pemerintah Menjaga Stabilitas Harga

Dia mengatakan, Pantarlih yang mulai bertugas sejak 12 Februari 2023 dan akan berakhir pada 14 Maret 2023 besok, harus sudah rampung melakukan coklit.

Namun demikian, jika masih ada pemilih yang belum didatangi Pantarlih dan belum terdaftar sebagai pemilih, Rizky bilang bisa menghubungi panitia pemungutan suara (PPS) di desa dengan menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP).

"Untuk mengetahui terdaftar atau tidak sebagai pemilih bisa mengecek di laman cekdptonline.KPU.go.id, di situ bisa diketahui apakah terdaftar atau tidak sebagai pemilih," jelas Rizky.

Sementara disinggung terkait langkah antisipatif KPU dalam menjangkau penduduk di pulau-pulau dan pedalaman, Rizky menerangkan petugas Pantarlih sudah diimbau agar berupa optimal untuk mendata pemilih.

Bahkan seluruh penduduk yang tinggal di wilayah kepulauan, disampaikannya sudah 100 persen dicoklit petugas.

 Baca Juga: Kedapatan Bawa Narkoba, Pria Asal Sukabumi Dibekuk Aparat Polres Belitung Timur

"Misalnya kemarin di Pulau Batun, petugas Pantarlihnya itu di daratan, tetap mencoklit dengan segala risiko. Ke Pulau Long juga kita fasilitasi teman-teman untuk mencoklit di sana. Jadi sudah seratus persen untuk wilayah kepulauan," bebernya.

Dia berharap, masyarakat bisa ikut berperan serta aktif dalam proses coklit ini, seperti menyampaikan jika mengetahui ada keluarganya atau warga lain yang belum terdaftar sebagai pemilih.

"Ini akan terus berlanjut, karena nanti setelah hasil coklit ini, akan direkap sebagai daftar pemilih sementara. Itu akan kita umumkan ke masyarakat untuk dicek atau diberi tanggapan, kalau memang tadi belum terdaftar, silahkan daftarkan," pungkasnya.(*)

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X