SMK Muhammadiyah Belitung Timur Cetak 17 Asisten Tenaga Kefarmasian

- Sabtu, 20 Mei 2023 | 23:14 WIB
Penandatanganan Sumpah Profesi Asnafar oleh Ketua PD PAFI Bangka Belitung.  (ist)
Penandatanganan Sumpah Profesi Asnafar oleh Ketua PD PAFI Bangka Belitung. (ist)

BANGKA BELITUNG, wowbelitung.com -- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Belitung Timur ambil sumpah 17 Asisten Tenaga Kefarmasian (Asnafar), Sabtu 20 Mei 2023 di Auditorium Zahari Mz.

Kepada wowbelitung.com, Kepala SMK Muhammadiyah Belitung Timur Nevi Nurmita, menerangkan bahwa 17 siswa-siswi lulusan angkatan ke-3 tersebut telah melalui berbagai tahapan sebelum dinyatakan kompeten dan dilantik sebagai Asnafar.

Diantaranya kata Nevi, mereka melakukan praktik kerja industri dan uji kompetensi keahlian. Sehingga berdasarkan penilaian dari Asessor berlisensi utusan PD Bangka Belitung pun menyatakan mereka kompeten.

Baca Juga: Tutup MTQH Gantung 2023, Ini Pesan Bupati Belitung Timur

Selain itu dia mengemukakan, tak sedikit lulusan tahun 2023 SMK Muhammadiyah Belitung Timur yang langsung diterima oleh beberapa dunia usaha dan dunia industri.

"Diantaranya di apotek-apotek yang ada di Pulau Belitung. Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami keluarga besar SMK Muhammadiyah Belitung Timur, artinya prospek dunia kerja bidang kefarmasian masih sangat dibutuhkan," kata Nevi.

Dikesempatan yang sama, salah satu alumni program keahlian farmasi tahun 2023 SMK Muhammadiyah Belitung Timur, Sulis Trianingsih, menuturkan bahwa dirinya saat ini sudah kerja di apotek ternama di Kecamatan Manggar.

Baca Juga: Ini Alasan Pemkab Belitung Timur Menggelar Audensi Dengan Pengelola HW Club

"Saya sangat bersyukur, hari ini kami sudah selesai diambil sumpah menjadi Asnafar. Itu artinya kami sudah tergabung dan resmi menjadi bagian dari organisasi PAFI, sehingga kami lebih leluasa dan terlindungi dalam bekerja," ujarnya.

Sementara itu Bupati Belitung Timur yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan, Sarjano menyampaikan lulusan Program Studi Farmasi dan Tata Boga SMK ini diharapkan bisa menjadi entrepreneur dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata daerah.

Dia menegaskan alumni SMK jangan hanya berpikir untuk mencari kerja, namun juga harus memikirkan cara menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Baca Juga: Polres Belitung Timur Tertibkan Aktivitas Tambang Liar di DAS Manggar dan HL Pelabuhan Acang

"Banyak potensi yang ada di sekitar kita. Ayo kita explore dan kita ciptakan produk-produk unggulan yang bisa menjadi daya tarik bagi pariwisata di Belitung Timur," imbaunya.

Ikut hadir di kegiatan pengambilan sumpah 17 Asnafar tersebut Kepala dan Pengawas Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V, Ketua PD PAFI Provinsi Bangka Belitung, Kepala Dinas Kesehatan Belitung Timur, Ketua PC PAFI Belitung Timur dan Camat Manggar.(*) 

Halaman:

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X