Waspada Ada Tiga Macam Radikalisme yang Bisa Menyasar Generasi Milenial

- Rabu, 24 Mei 2023 | 12:45 WIB
Pengajian Pencegahan Paham Radikalisme oleh PCNU Belitung Timur di Masjid Al-Azhar Padang Kecamatan Manggar.  (herman)
Pengajian Pencegahan Paham Radikalisme oleh PCNU Belitung Timur di Masjid Al-Azhar Padang Kecamatan Manggar. (herman)

BANGKA BELITUNG, wowbelitung.com -- Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Belitung Timur kupas pencegahan radikalisme melalui kegiatan pengajian.

Melalui 'Ngaji Tradisional' itu, Ketua PCNU Belitung Timur, KH Ahmad Mahfudz menjelaskan terkait radikalisme yang terbagi menjadi tiga macam.

Pertama Takfiri, disampaikannya yaitu orang yang memiliki faham radikal dalam keyakinan. Yaitu orang yang bila tak sepaham dan tak segolongan dengan mereka dianggap kafir.

Baca Juga: Burhanudin Berharap Masyarakat Paham Gejala Penyakit Jantung dan Perawatan Bayi Prematur

Kemudian yang kedua Jihadis, yaitu orang yang menghalalkan membunuh orang lain. Penganutnya diterangkan Ahmad Mahfudz, menyemangatkan jihad angkat senjata dan membolehkan membunuh tanpa alasan yang dibenarkan syariat islam.

Sedangkan yang ketiga Ideologis, yaitu orang-orang yang ingin mengganti ideologi Negara dengan pemahaman mereka. Di Indonesia, pendukungnya ingin mengganti pancasila.

Dia bilang, pengusung paham radikal ini menyasar berbagai kalangan, mulai dari generasi milenial hingga masuk ke masjid-masjid dan menggelar kegiatan majlis taklim.

Baca Juga: 297 Atlet Berlaga di Kejurda Pelajar Belitung Timur

"Mari sama-sama kita menjaga lingkungan, jangan sampai masjid kita ditempati pengajian-pengajian yang mengajarkan faham-faham tidak benar," pesan Ahmad Mahfudz saat pengajian kebangsaan di Masjid Al-Azhar Kecamatan Manggar, Selasa 23 Mei 2023 malam.

Selain itu, peserta kegiatan pengajaran PCNU tersebut yaitu Ketua serta jamaah Masjid Al-Azhar Desa Padang baik kalangan muda ataupun tua, dan Ketua PC GP Ansor Belitung Timur.(*) 

 

Editor: Barly Wow

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X